Manufaktur yang Maju

Gambaran 

Memimpin Wilayah dalam Manufaktur yang maju

Peringkat ke-3

dalam menciptakan kegiatan bernilai tambah1

Peringkat ke-2

di dunia pada Future of Production Report 20192

Menjalin >5.000

kolaborasi proyek publik-swasta mulai 2015 hingga 20193

$932 juta

dialokasikan pada Penelitian dan Pengembangan mulai 2015 hingga 20194

Peringkat ke-5

produsen minyak murni terbesar

>9.000

perusahaan manufaktur

Manufaktur adalah pendorong utama ekonomi Singapura yang berkontribusi sebanyak 21 persen dari PDB negara ini dan mempekerjakan lebih dari 12 persen dari populasi5. Sektor ini tetap menjadi penopang ekonomi di tengah terpaan pandemi COVID-19, dengan pertumbuhan sebesar 7 persen sepanjang tahun, yang mencapai pertumbuhan tahun demi tahun 10 persen pada kuartal akhir 20206

Hal ini terwujud sebagian besar berkat kecanggihan robotika, kecerdasan buatan, percetakan 3D, sensor pintar, dan Internet of Things yang berhasil membawa perubahan besar pada sektor manufaktur. Pergeseran menuju manufaktur yang lebih maju yang dikenal sebagai Industri 4.0 ini merupakan pasar yang tengah berkembang dan diperkirakan mencapai US$156,6 miliar pada 2024, dengan peningkatan sebesar 16,9 persen dalam satu tahun7

Kecepatan teknologi yang menembus industri manufaktur menjadikannya aspek penting bagi bisnis untuk dapat bertransformasi, baik dengan mengembangkan dan mengadopsi teknologi baru, ataupun senantiasa mengikuti praktik terbaik dan tren terkini.  Untuk mewujudkan hal ini, sangat penting bagi penyelenggara acara dan bisnis sejenis untuk berada di lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya para penggagas Industri 4.0, berdirinya deretan pabrik masa depan, serta teknologi mutakhir dalam manufaktur canggih dikembangkan dan digunakan.  

Dengan ekosistem manufaktur canggih yang terdiri atas pabrik pintar, pusat keunggulan manufaktur, dan pemain industri raksasa seperti STMicroelectronics, Micron, dan Merck, Singapura menawarkan platform semarak bagi profesional industri untuk belajar, berjejaring, dan bertumbuh.  

Mengapa Harus Menyelenggarakan Acara Manufaktur Canggih di Singapura?

Memasuki Pasar nan Semarak 

Antara 2014 hingga 2018, sebanyak S$500 juta8 diinvestasikan untuk mendukung prakarsa manufaktur canggih dan Indeks Kesiapan Industri Cerdas (Smart Industry Readiness Index/SIRI) telah dikembangkan untuk mendukung perusahaan dalam mengadopsi teknologi baru. 

Pasar ini telah berkembang secara serentak. Kini, fasilitas manufaktur Illumina di Singapura telah memproduksi 95 persen dari permintaan microarray dunia, dan 85 persen dari rangkaian inti dari barang habis pakai9. Dyson juga telah menyiapkan fasilitas Penelitian & Pengembangan senilai S$578 juta di Singapura, yang ditujukan untuk mengimplementasikan Manufaktur Canggih baru di seluruh fasilitas regionalnya10.  

Terlepas dari wilayah yang kecil, industri semikonduktor Singapura menyumbang 20 persen dari keseluruhan keluaran dunia11. Industri seperti teknologi medis, kelautan, dan kedirgantaraan, juga mengandalkan lebih dari 2.700 perusahan rekayasa presisi dari Singapura untuk produk dan layanan12.

Dinamisme ini hanya dipicu oleh ragam kolaborasi antara pemain lokal dan perusahaan multinasional. Contoh ini dapat ditemukan di Jurong Innovation District, pusat manufaktur canggih yang menyatukan serangkaian lembaga pendidikan tinggi, pusat Penelitian &D  Pengembangan, penyedia dan pabrik teknologi pada masa mendatang, atau bahkan Planetspark Innovation Centre di Changi, yang menyuguhkan layanan khusus untuk mengembangkan perusahaan rintisan dan UKM teknologi perangkat keras13

Sejalan dengan manfaat yang diperoleh bisnis karena menghimpun masing-masing keahlian untuk melahirkan inovasi bersama, penyelenggara acara tak hanya mendapatkan khalayak yang antusias terhadap cara teknologi canggih dapat mendorong keunggulan kompetitif, namun juga contoh solusi yang dikembangkan dan kisah yang dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal serupa.

Mereka bahkan dapat mempertimbangkan untuk mewujudkan studi kasus ini dengan tur interaksi singkat ke berbagai bisnis, atau memanfaatkan teknologi yang memungkinkan peserta untuk mengunjungi pabrik cerdas 3D14. Selagi peserta menjajal langsung sejumlah teknologi manufaktur mutakhir terkini, mereka dapat membawa pulang pengalaman unik serta gagasan dan percakapan yang memantik pemikiran.

Terhubung dengan Pakar Manufaktur Canggih

Hadirnya para penyedia teknologi dan solusi serta raksasa manufaktur di Singapura juga menyiratkan makna bahwa para penyelenggara acara di negara ini dapat memperoleh akses untuk berkomunikasi dengan para pemimpin dari perusahaan ini – sosok yang tidak hanya memiliki wawasan seputar teknologi terkini yang tengah dikembangkan, namun juga cara mendorong inovasi.  

Sejumlah acara yang berakar pada kegiatan vertikal utama seperti pabrik digital, digitalisasi urban, robotika industri, automasi, analisis data besar, dan realitas tertambah memiliki permintaan yang begitu tinggi, dan saat ini, terdapat pameran yang menampilkan penggunaan AI dan robotika dalam sektor tersebut, serta demonstrasi dari sederet perusahaan seperti Siemens mengenai cara bisnis berhasil menerapkan digitalisasi untuk mencapai sasaran mereka15.  

Terdapat pula konferensi seputar topik seperti manufaktur tambahan dengan hadirnya para pemimpin dari industri untuk mendiskusikan cara melangkah maju dengan Manufaktur Canggih dalam menghadapi era normal baru.  

Jadi, baik pasar yang menampilkan perkembangan terkini dalam sektor ini, maupun konferensi seputar praktik dan solusi terbaik,  penyelenggara acara dapat dijamin bahwa minat di negara ini begitu tinggi, dan pilihan bagi panelis, pembicara, dan peserta pameran begitu besar. 

Dapatkan Inspirasi 

Singapura telah menyelenggarakan sejumlah acara manufaktur canggih bertaraf internasional serta dibekali dengan keahlian dan pengalaman untuk mendukung acara Anda. Inilah sejumlah acara terkini yang kami selenggarakan: 

Industrial Transformation Asia-Pacific (ITAP)

ITAP menampilkan solusi Manufaktur Canggih yang dapat ditindaklanjuti, yang dapat mengilhami dan memperdalam pemahaman para profesional dari industri manufaktur, serta membantu bisnis di berbagai tahap penerapan teknologi untuk memulai, mengembangkan, dan mempertahankan perjalanan transformasi Manufaktur Canggih mereka. 

Baca lebih lanjut >

Global Additive Manufacturing Summit

Diselenggarakan oleh National Additive Manufacturing Innovation Cluster (NAMIC) dan ditempatkan bersama ITAP. KTT ini menjawab perkembangan terkini dalam inovasi bahan dan dampaknya bagi produksi serial percetakan 3D. Platform ideal untuk para pemimpin manufaktur tambahan dalam memperoleh wawasan mengenai perkembangan terkini seputar keberlanjutan, industri, dan aplikasi konsumen.

Baca lebih lanjut >

Advanced Semiconductor Technology Conference (ASTC) 

Konferensi perdagangan yang diselenggarakan oleh SEMI, asosiasi industri global yang menyatukan seluruh manufaktur elektronik dan rantai pasokan desain, yang menghimpun pemimpin bisnis dan pakar teknologi untuk membahas kemajuan terkini dalam menghubungkan, menjajal, dan membuat prediksi untuk manufaktur semikonduktor.

Baca lebih lanjut >

Catatan kaki

1 https://www.straitstimes.com/world/united-states/south-korea-singapore-lead-world-in-innovation-us-drops-out-of-top-10

2 https://www.weforum.org/reports/how-to-end-a-decade-of-lost-productivity-growth/  

3 https://file.go.gov.sg/rie-2025-handbook.pdf

4 https://file.go.gov.sg/rie-2025-handbook.pdf

5 https://www.straitstimes.com/business/economy/10-year-plan-for-singapore-manufacturing-to-grow-50-by-2030-chan-chun-sing

6 https://www.channelnewsasia.com/news/business/edb-singapore-manufacturing-output-expands-in-2020-14043888

7 https://www.marketsandmarkets.com/Market-Reports/industry-4-market-102536746.html?gclid=CjwKCAjwxuuCBhATEiwAIIIz0f6Ggri_5d2uVeWDffnLPynOUYXH8EO__ttoqAkR5LEEfT-1flRivxoC6P0QAvD_BwE

8 https://isca.org.sg/media/3224/singapore-budget-2013_at-a-glance.pdf  

9 https://www.edb.gov.sg/en/business-insights/insights/singapore-seeking-frontier-firms-for-manufacturing-2030.html  

10 https://www.edb.gov.sg/en/business-insights/insights/singapore-a-leading-manufacturing-hub.html  

11 https://www.trade.gov/market-intelligence/singapore-manufacturing  

12 https://www.trade.gov/market-intelligence/singapore-manufacturing  

13 https://www.straitstimes.com/business/new-planetspark-accelerator-to-help-local-tech-start-ups-bring-ai-iot-products-to-market

14 https://www.straitstimes.com/business/economy/industrial-transformation-asia-pacific-event-goes-hybrid-amid-covid-19-pandemic  

15 https://www.siemens.com/sg/en/company/fairs-events/itap.html