gamescom asia 2021

Published: 26 November 2021

Artikel 7 Menit

Gambaran

2021 menandai debut dari perhelatan gamescom edisi Asia yang begitu dinantikan – salah satu pameran perdagangan terkemuka di Eropa untuk video game. Berbasis di Asia, gamescom asia merupakan platform bagi pengembang game Asia Tenggara untuk mengeksplorasi kemitraan global, serta bagi penerbit internasional yang ingin terhubung dengan industri game Asia.

Acara hibrid yang diselenggarakan mulai 14 hingga 17 Oktober 2021 di Suntec Convention Centre in berhasil menarik lebih dari 2.200 peserta fisik dan virtual dari 60 negara. Acara yang diselenggarakan oleh Koelnmesse Singapore dan didukung oleh game – asosiasi industri game Jerman ini terdiri dari beberapa segmen utama. Ini meliputi konferensi industri dan Zona Perdagangan virtual (14-15 Okt), yang keduanya ditargetkan bagi khalayak B2B, serta Zona Hiburan online yang berorientasi B2C (15-17 Okt).

Beragam acara menarik yang ditawarkan selama empat hari di antaranya adalah diskusi panel, pembicara utama, dialog teknis oleh pakar industri dari sejumlah studio terkemuka seperti Riot Games, Bandai Namco, dan Neon Doctrine, serta uji coba langsung game terbaru dan demo produk. Para penggemar game yang bergabung secara virtual pun tak kalah terhibur dengan keseruan dari acara langsung, klip singkat, cuplikan game, tantangan online, dan wawancara.

Dua acara mitra pun turut hadir melengkapi keriaan gamescom asia: Gaming Matters – konferensi perdagangan yang mengeksplorasi sinergi antara industri game dan musik, industri olahraga dan pemasaran, serta Konferensi Global Top Round (GTR) – yang mendukung berbagai studio game pemula di seluruh dunia. Acara yang kedua dihadiri oleh para investor, penerbit, dan mitra, serta 20 finalis Terbaik program akselerasi tahunan GTR.

Membaurkan Ruang Fisik dan Digital

Dengan mencerminkan sifat hibrid acara ini, gamescom asia berhasil menyatukan pembicara dan peserta fisik dan online tanpa kendala. Dengan memanfaatkan teknologi inovatif, diskusi di panggung langsung dan streaming langsung dilakukan oleh pembicara fisik serta pembicara virtual dari berbagai penjuru dunia.

Demi memastikan pengalaman berkualitas tinggi bagi peserta digital sekaligus memfasilitasi interaksi peserta dengan mereka yang hadir secara fisik, platform digital seperti Zona Perdagangan virtual diatur untuk memungkinkan diskusi bisnis antara para pengembang, penerbit, kreator indie, penyelenggara e-sport, pemodal ventura, dan banyak lagi. 

Saat menjelaskan pengalamannya dalam menghadapi perpaduan peserta fisik dan virtual, Konrad Czernik, Art Director di Flying Wild Hog sekaligus panelis di gamescom asia, mengungkapkan bahwa keuntungan bekerja secara jarak jauh dari rumah selama dua tahun terakhir adalah ia menjadi kian terbiasa dengan bekerja di depan kamera. “Saya menjadi lebih memahami harapan dan saya [dapat] meyakini bahwa ada [seseorang] yang bekerja di balik layar. Namun sangat menyenangkan dapat berbicara sambil menatap mata lawan kita, bukan hanya ke kamera kosong.” 

Konrad menambahkan bahwa organisasi yang baik dan sentuhan terampil seperti mengetahui jumlah penonton online di setiap titik waktu juga berkontribusi ke pengalaman secara keseluruhan, dan membantunya lebih nyaman berbicara.

Tidak Berkompromi dengan Keselamatan

Komponen kunci dalam keberhasilan gamescom asia adalah karena perhatian yang diberikan pada perancangan dan penerapan protokol keselamatan. Rencana yang jelas yang dilaksanakan oleh personel acara yang ramah dan terlatih memastikan seluruh peserta dan hadirin merasa nyaman dan percaya diri untuk menghadiri acara.

Jasper Donat, CEO Branded, yang merupakan penyelenggara di balik acara Gaming Matters, menceritakan bahwa perusahaannya bekerja sama secara erat dengan pemerintah Singapura dan Singapore Tourism Board demi memastikan bahwa meskipun semua tindakan pencegahan keselamatan diambil, tindakan ini tidak akan dilakukan dalam cara yang akan menghambat hadirin menikmati acara.

“Dan setelah mereka masuk, mereka bebas berkeliling. Mirip seperti perkumpulan kecil [tempat] mereka dapat berkomunikasi, berbincang, dan berjumpa. Sangat menyenangkan rasanya dapat melihat orang-orang bertemu kembali, dan saya bahagia melihat raut wajah mereka sewaktu memandang orang-orang… [sama] seperti dahulu,” ujar Jasper. 

Kaveri Khullar, Direktur Pemasaran Mastercard Southeast Asia, yang juga seorang panelis di Gaming Matters, menambahkan bahwa komunikasi yang jelas menjelang acara juga sangat penting dalam memberi hadirin rasa aman. “Kami diberi tahu tentang hal apa yang kami perlu lakukan, sedini apa kami perlu hadir di sini, dan bagaimana cara tindakan pembatasan sosial akan dipatuhi. Saya memikirkan semua hal yang memberikan rasa aman.”

Tahap Selanjutnya

Keberhasilan gamescom asia membuktikan reputasi Singapura sebagai pusat bisnis dan acara, bahkan di tengah perubahan aspek perjalanan dan acara. Hal ini diraih dengan pola pikir inovatif yang memandang teknologi tidak hanya sebagai cara untuk mengatasi tantangan, namun juga untuk memajukan industri. 

Sebagai sebuah acara hibrid, gamescom asia tidak hanya menghubungkan para peserta yang tadinya terisolasi akibat pandemi, namun juga telah berhasil merangkul gamer muda yang mungkin belum memiliki sarana untuk melakukan perjalanan internasional. Aspek hibrid juga memperpanjang umur acara dengan menjaga platform digitalnya tetap terbuka, memberi hadirin dan orang-orang yang ketinggalan acara ini kesempatan tambahan untuk mengakses konten, menonton video, dan terhubung dengan sesama profesional.

gamescom asia jelas menjadi sebuah landmark bagi industri game Singapura, serta menjadi tolok ukur akan pencapaian yang dapat diraih untuk acara mendatang di Singapura.

Fakta Penting Acara

Menampilkan lebih dari

80

pembicara dan panelis

Ditonton lebih dari

3.900

kali secara langsung dan tayangan ulang

Memikat lebih dari

2.200

anggota industri dari 60 negara

Highlight Video