Layanan Keuangan

Gambaran 

Industri Layanan Keuangan Tiada Duanya di Singapura

Dari antara

Jajaran 10 Terbaik

semua pusat keuangan di dunia1

>200

bank global ada di Singapura2

Peringkat ke-2

tempat termudah di seluruh dunia untuk berbisnis3

Peringkat ke-3

pusat valas terbesar dunia4

>20

Perjanjian Perdagangan Bebas (Free Trade Agreement/FTA) dan 80 Perjanjian Pajak Berganda (Double Taxation Agreements/DTA) memberikan akses yang mudah ke pasar mitra5

Lingkungan pendukung bisnis, lingkungan regulasi yang efektif, infrastruktur luar biasa, serta kumpulan ahli keuangan yang memiliki pengalaman dan keterampilan tinggi kami telah berkontribusi dalam menjadikan Singapura sebagai pusat keuangan dan teknologi keuangan global.

Telah banyak bisnis dan lembaga keuangan yang berbasis di Singapura, bukan hanya karena berbisnis di negara ini begitu mudah, namun juga karena lingkungan politik dan ekonomi yang dapat diandalkan, kebijakan perpajakan dan hukum yang kondusif, reputasi integritas, serta peraturan yang ketat terhadap kejahatan dan pencucian uang.

Semua faktor ini menciptakan pasar yang kondusif nan semarak untuk berdagang, jejaring bisnis, dan acara bisnis.

Mengapa Menyelenggarakan Acara Layanan Keuangan di Singapura?

Pusat Layanan Keuangan 

Reputasi Singapura sebagai pusat keuangan memikat para bank, firma manajemen kekayaan, perusahaan asuransi, pedagang komoditas, dan perusahaan terkait perbendaharaan ke Singapura.

  • Banque de France

    Banque de France adalah salah satu perusahaan multinasional layanan keuangan terbaru yang membuka kantor pusat regionalnya di Singapura. Pada 2020, perusahaan manajemen aset ini membuka kantor Asia pertama mereka di Singapura guna memantau ekonomi Asia dengan lebih baik, serta menjalin hubungan yang lebih dekat dengan bank sentral dan otoritas keuangan di wilayah tersebut. 

Sebagai pusat, kami berperan besar dalam menghubungkan pasar global dengan perkembangan Asia yang terus bertumbuh. Hubungan dekat kami dengan bank pengembangan multilateral telah memungkinkan kami untuk mendukung pengembangan wilayah ini dengan bertindak sebagai ajang bagi perusahaan Asia dan proyek infrastruktur guna menggalang dana, sementara jaringan investor swasta kami yang kuat membantu kami untuk menghasilkan peluang pengembangan kekayaan. 

Demi menguatkan posisi kami sebagai pusat finansial global terdepan di Asia, pemerintah kami telah menyusun sebuah Peta Jalan Transformasi Industri Layanan Keuangan, yang menguraikan langkah-langkah untuk peningkatan keahlian, inovasi berkelanjutan, dan adopsi teknologi. Diperkirakan rencana ini akan membantu industri untuk mencapai pertumbuhan 4,3 persen per tahun selama jangka menengah dan menambahkan 3.000 lapangan pekerjaan per tahun dalam sektor keuangan6.

Dikarenakan kedekatannya dengan kegiatan dan talenta ekonomi dari sektor layanan keuangan, Singapura secara kentara hadir sebagai lokasi yang menguntungkan bagi pameran keuangan internasional berskala besar, serta pertemuan investasi bisnis Asia yang lebih akrab.

Pusat Finansial Cerdas

Hingga saat ini, Singapura menjadi salah satu dari lima pusat teknologi keuangan teratas di dunia, dengan lebih dari 1.000 firma berbasis di Singapura. Pada tahun 2019, firma ini mencetak rekor investasi sebesar $1 miliar.

Sebagai Pusat Finansial Cerdas, salah satu tujuan utama Singapura adalah untuk memfasilitasi inovasi dalam sektor keuangan dan mendorong adopsi teknologi guna meningkatkan efisiensi dan peluang pertumbuhan.

Demi mendukung budaya inovasi ini, pemerintah Singapura telah mencurahkan dana lebih dari $250 juta selama lima tahun terakhir ini demi mendukung adopsi teknologi, pertumbuhan yang didorong inovasi, dan kemampuan keamanan siber. Upaya ini menghasilkan peningkatan kemampuan dari firma yang sudah ada, beserta penciptaan sektor industri baru, yang mencakup bank digital, penyedia layanan pembayaran seluler, perusahaan mata uang kripto, dan firma teknologi asuransi.

  • M-DAQ

    M-DAQ adalah salah satu contoh dari banyak perusahaan inovasi yang telah muncul di Singapura dalam beberapa tahun terakhir. Menggunakan teknologi yang telah dipatenkan demi meminimalkan risiko valas dalam transaksi lintas perbatasan, perusahaan rintisan lokal ini telah memfasilitasi transaksi senilai lebih dari $20 triliun dan menghasilkan pendapatan ekonomi mendekati $320 pada bulan Maret 2021.

Untuk pertumbuhan yang berkelanjutan, Singapura juga memiliki lebih dari 40 laboratorium inovasi terkait dengan sektor keuangan dewasa ini, jumlah ini naik dari lima tahun lalu, yang hampir tidak ada. Mereka bersama-sama telah memulai hampir 500 proyek dan telah menciptakan banyak pekerjaan baru bernilai tinggi dalam prosesnya.

Komitmen untuk mengembangkan diri sebagai pusat finansial cerdas ini menjadikan Singapura lokasi yang ideal bagi badan pengatur, inovator, dan pelaku industri untuk berkumpul dan membentuk masa depan Keuangan Cerdas.

Keuangan yang Berkelanjutan

Memahami risiko sektor keuangan yang dihadirkan oleh perubahan iklim, Rencana Gerakan Keuangan Hijau (Green Finance Action Plan) diterapkan pada 2019 demi mendukung Singapura yang berkelanjutan7 serta meningkatkan upaya negara untuk menjadi pusat global dan regional bagi keuangan yang berkelanjutan8.

Sebagian dari rencana ini mencakup pengembangan pasar obligasi hijau, saat Singapura kini menjadi pusatnya, yang telah menyumbang 55 persen dari total penerbitan obligasi hijau ASEAN dari tahun 2016 sampai 20199. Pada tahun 2021, pemerintah Singapura mengumumkan lebih lanjut bahwa Singapura akan menerbitkan obligasi hijau senilai S$19 miliar demi mendanai proyek infrastruktur publik, termasuk fasilitas air terpadu dan pengolahan limbah pertama Singapura – Tuas Nexus.

Cara lain yang dipakai Singapura guna mengembangkan narasi keuangan yang berkelanjutan adalah melalui anjuran adopsi standar keberlanjutan dalam pelaporan perusahaan. Ini termasuk menggalakkan penggunaan pedoman lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social and governance/ESG) ke dalam proses pembuatan keputusan perusahaan dalam sektor layanan keuangan.

  • Singapore Exchange

Pada tahun 2016, Singapore Exchange (SGX) memperkenalkan pelaporan keberlanjutan wajib untuk perusahaan yang terdaftar. Sebagai infrastruktur pasar tepercaya dan pelaku utama dalam ekosistem ini, dengan menjadikan aksi iklim sebagai prioritas utama, SGX berupaya untuk menjadi pusat perdagangan dan pendanaan berkelanjutan serta transisi yang menawarkan produk dan solusi menyeluruh nan berkualitas. 

Sebagai pemimpin praktik dan pihak yang berpengaruh di area ini, Singapura akan terus berperan penting dalam membentuk masa depan keuangan yang berkelanjutan, baik dalam wilayah ini maupun penjuru dunia lain.

Dapatkan Inspirasi 

Singapura telah menyelenggarakan sejumlah konferensi dan pameran layanan terkait keuangan unggulan, yang telah memberikan keahlian dan pengalaman yang diperlukan demi mendukung acara Anda. Semakin sukses dari waktu ke waktu, acara lokal dan regional kini memikat acara internasional besar, seperti InsureTech Connect Asia. 

Singapore FinTech Festival X SWITCH

Festival teknologi keuangan tersebut adalah yang pertama di Asia, menyediakan ajang untuk berkolaborasi dengan Singapura dan wilayahnya. Kualitas pameran ini dibuktikan melalui prakarsa industri yang muncul dari acara tersebut, termasuk penghubung sistem pembayaran nasional satu-satunya antara PayNow Singapura dengan PromptPay Thailand.

Baca lebih lanjut >

Singapore Iron Ore Forum 

Singapore Iron Ore Forum adalah acara utama dari Pekan Besi Internasional Singapura (Singapore International Ferrous Week), yaitu acara terbesar Asia untuk industri logam besi. Acara ini memikat para produsen baja global dan pengguna akhir dari sektor seperti konstruksi, otomotif, dan elektronik konsumen, yang berkumpul demi mendiskusikan permasalahan industri yang paling mendesak dan tren global yang membentuk sektor bijih besi.

Baca lebih lanjut >

Pekan Blockchain Singapura

Diselenggarakan oleh Asosiasi Blockchain Singapura bersama NexChange Group, Pekan Blockchain Singapura merupakan acara blockchain virtual yang didukung pemerintah yang terbesar di Asia. Acara ini mengunggulkan lingkungan digital unik yang mengumpulkan badan pengatur, pemimpin industri teknologi dan bisnis, akademisi, dan inovator dari seluruh dunia. 

Baca lebih lanjut >

Money 20/20 Asia

Tempat bagi edisi Asia dari acara terbesar dunia yang berfokus pada inovasi layanan keuangan dan pembayaran untuk perdagangan yang terhubung pada persimpangan internet, ritel, layanan pemasaran, data, dan teknologi. 

Baca lebih lanjut >