TravelRevive – Membentuk ulang masa depan acara bisnis

Published: 06 January 2021

3 Mins Read

Gambaran

Tahun 2020 menghadirkan tantangan baru bagi industri Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran (MICE), sebab perjalanan bisnis global sangat terdampak oleh pandemi COVID-19. Situasi khusus ini mendorong para penyelenggara acara untuk menjelajahi format baru, dan sebagai bagian dari pendekatan Singapore Tourism Board (STB) terhadap kelangsungan acara bisnis yang aman, Asosiasi Teknologi Medis Asia-Pasifik (Asia Pacific Medical Technology Association/APACMed) menyelenggarakan forum virtual pertama mereka pada bulan September, dan Web in Travel (WiT) Experience Week menjelajahi format hibrid di ‘Hybrid Broadcast Studio’ Marina Bay Sands pada bulan Oktober. 

Mengikuti kesuksesan kedua acara ini, Singapura mengambil satu langkah lagi dalam melanjutkan acara bisnis berskala besar dengan TravelRevive – pameran dagang pariwisata internasional fisik berskala besar pertama di Asia-Pasifik selama COVID-19. Didukung oleh ITB Asia dan STB, acara ini diselenggarakan di Sands Expo & Convention Centre pada 25 – 26 November dan memikat hampir 1.000 orang peserta, termasuk 65 orang delegasi asing dari 14 negara. Interaksi virtual melalui platform acara virtual ITB juga memungkinkan partisipasi khalayak global yang lebih luas. Nona Katrina Leung, Direktur Pengelola Messe Berlin (Singapore) berkomentar: “TravelRevive merupakan batu loncatan besar bagi pemulihan industri kami, dan pada saat yang sama menetapkan tolok ukur baru yang berani bagi acara hibrid.”

Keamanan di setiap tahap acara bisnis

Acara ini juga bertindak sebagai percontohan bagi negara untuk meluncurkan kerangka baru bagi acara bisnis yang aman, rencana perjalanan yang aman, dan pendukung digital. Berbicara di upacara pembukaan TravelRevive, Tuan Chan Chun Sing, Menteri Perdagangan dan Industri (Singapura) memperkuat fokus terhadap keselamatan peserta: “[TravelRevive] telah memadukan tindakan pengelolaan yang aman seperti uji antigen pra-acara, pengendalian kepadatan kerumunan, pengelompokan peserta, dan peluncuran aplikasi seluler buku harian online guna mengatur pertemuan antara peserta pameran dan pembeli dengan aman.”

 

TravelRevive membentuk ulang keseluruhan pengalaman wisata MICE dengan merintis rencana perjalanan yang aman saat para delegasi dapat bersantai dengan serangkaian penawaran rekreasi Singapura. Ini mencakup sejumlah besar tur dan kegiatan di hari-hari menjelang dan selama acara. Contohnya, STB bekerja sama dengan Pacific Arena dan Tradewinds Tours & Travel demi menyusun kerangka untuk mengembangkan rencana perjalanan yang aman dengan pengalaman autentik nan spesial, sembari memastikan keselamatan melalui prosedur pengelompokan yang ketat. Daya tariknya meliputi tur virtual dengan kegiatan langsung, kunjungan ke museum privat, dan kunjungan berpemandu menuju Kelong (panggung kayu lepas pantai yang utamanya dipakai untuk beternak ikan). Bercermin dari pengalamannya, Tuan Paul Colston, Editor Pengelola Mash Media berkata: “Tur Vespa saya menjadi penutup semarak pada akhir hari saya selepas acara. Saya merasa yakin dan aman selama pengalaman tersebut serta saya terkesan karena semua hal berjalan dengan sangat mulus.”

Menjalin kemitraan yang kuat demi meningkatkan industri MICE Singapura

Mempertunjukkan kepercayaan diri penyelenggara acara internasional di Singapura sebagai titik penghubung MICE Asia-Global dan sebagai landasan peluncuran ekspansi regional, STB mengumumkan tiga kemitraan baru pada TravelRevive. STB, Badan Pengembangan Media, Informasi, dan Komunikasi, serta Informa setuju untuk meluncurkan acara teknologi internasional baru yang dijadwalkan untuk paruh akhir tahun 2021. STB juga menandatangani dua perjanjian terpisah dengan Fiera Milano dan Messe Munich, yang akan memastikan keduanya mendirikan Kantor Pusat Regional Asia Tenggara mereka di Singapura. Ini akan membuka lebih banyak peluang lagi untuk menyelenggarakan pameran dagang internasional berkualitas tinggi di wilayah ini.

Tuan Andrew Phua, Direktur Eksekutif Pameran & Konferensi, STB berujar: “Sebagai titik hubung bisnis Asia-Global, Singapura membentuk ulang masa depan acara bisnis dengan protokol yang teliti dan solusi kreatif, selagi mendukung industri MICE kami saat kami beralih haluan, beradaptasi, dan bertransformasi.” Melanjutkan kesuksesan TravelRevive, Singapura akan terus menelusuri ajang yang aman dan inovatif bagi para pemikir cemerlang untuk berkumpul, berhubungan, dan berkolaborasi.

 

 

Fakta Penting Acara 

ITB Asia & STB menyelenggarakan pameran dagang perjalanan internasional fisik pertama di Asia Pasifik selama COVID-19.

1.000

delegasi fisik

14

negara turut hadir

Highlight Video